Sekolah Advokasi II "Cerdas HAM dan Hukum" Bersama YLBHI dan LBH Jakarta


Sabtu (11/2/2023), Sekolah Advokasi ke-2 menghidupkan akhir pekan di Madrasah Aliyah Shiddiqah Zahra (Jakarta). Bersama Departemen Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (Dept.PESDM) DPP AHLULBAIT INDONESIA (ABI) yang berkolaborasi dengan Yayasan LHB Indonesia (YLBHI) serta Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menyelenggarakan program khusus bagi pelajar dan remaja.



Bertemakan "Cerdas HAM dan Hukum" itu melalui tiga sesi pemaparan. Sesi pertama dengan stadium generale oleh Wakil Ketua Umum ABI, Ustaz Ahmad Hidayat. Peningkatkan kesadaran hukum dan perlindungan HAM bagi umat manusia agar menciptakan kehidupan yang seimbang dan damai di tengah masyarakat sebagai pesan utama dalam paparan Ustaz Ahmad.

Generasi muda perlu mengenali persoalan-persoalan hukum dan HAM. Tentunay setiap manusia perlu menyadari hak asasi yang harus dibela dan meraih keadilan. Sekolah Advokasi mewujudkan generasi yang mampu memerankan aksi paralegal serta mendorong penegakan hukum yang berkeadilan.

Sesi kedua diisi oleh pengacara publik LBH Jakarta, Teo Reffelsen, dengan menyampaikan materi Hak Asasi Manusia (HAM). Menurut Teo, lembaga pendidikan merupakan wadah strategis guna menghidupkan dan mempermaju HAM. Pendidikan HAM, selain peningkatan wawasan serta kesadaran pentingnya HAM, juga menghidupkan semangat memperjuangkan hak diri dan orang lain.

Sesi ketiga dipaparkan oleh Staf Advokasi dan Jaringan YLBHI, Ahmad Fauzi, dengan menyampaikan materi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, Kesadaran Toleransi. Menurut Ahmad Fauzi, Nabi Muhammad saw mengajarkan Islam penuh penghormatan dan perlindungan yang seluas-luasnya serta mendasari bagi keberlangsungan hidup manusia yang beradab. Dan Islam telah jelas menyebut keharusan dalam agama untuk melindungi lima hal yang melekat pada jatidiri kemanusiaan, yaitu akidah, akal, kehidupan, anak-anak (keluarga) dan harta (properti).

58 peserta teridiri dari santri dan siswa MA Shiddiqah Zahra mengikuti kegiatan secara proaktif dengan saling memberikan pertanyaan dan tanggapan. Setiap 

-[]-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar