Pelaksanaan PKKM 2023 Bersama Dr. Kun Sri Wardhani



Selasa, 5 Desember 2023 menjadi hari bersejarah untuk MA Shiddiqah Zahra, merupakan kali pertama melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) bersama Pengawas Madrasah dari Kemenag Kota Jakarta Timur, Dr. Kun Sri Wardhani. PKKM pada umumnya digelar empat tahun sekali.

Dalam proses PKKM kali ini, Dr. Kun berkeliling menyaksikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan fasilitas yang tersedia. Sembari memberikan masukan untuk menghidupkan budaya belajar di lingkungan madrasah.


Selanjutnya Kepala Madrasah Aliyah Shiddiqah Zahra, Ustaz Eka Purnama, S.Pd. mempresentasikan perkembangan Madrasah kepada Dr. Kun disertai dengan berkas penunjang administratifnya.

Dalam presentasinya, Ustaz Eka memaparkan peran Kepala Madasah dalam melaksanakan tugas utama yang meliputi 5 unsur: 

  • Usaha Pengembangan Madrasah
  • Pelaksanaan Tugas Manajerial
  • Pengambangan Kewirausahaan
  • Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
  • Hasil Kinerja Kepala Madrasah
Ustaz Eka juga memberikan berkas penunjang dalam presentasinya meliputi profil madrasah, hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rapor Pendidikan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022.

Dr. Kun memberikan sejumlah tanggapan dari temuan Rapor Pendidikan. Satu di antaranya bahwa sikap toleransi dan nihil pengalaman kekerasan fisik ataupun perundungan merupakan nilai positif madrasah yang perlu dipertahankan. Temuan sejumlah skor repor pendidikan yang rendah memperoleh masukan program dan kegiatan untuk menanggulangi dan memperbaiki Madrasah ke depannya.


-[]-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar