GLADI BERSIH ASESMEN NASIONAL 2024


 


12-15 Agustus 2024, Siswa kelas 11 dari MA Shiddiqah Zahra mengikuti Gladi Bersih Asesmen Nasional (AN) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik). Seluruh siswa kelas 11 menjadi sampel utama, tanpa menyisakan cadangan. 


AN nantinya akan menghasilkan Rapor Pendidikan bagi sekolah masing-masing. Sebagai bentuk pencapaian pengalaman belajar dari siswa yang meliputi empat (4) kelompok mata pelajaran, atau biasa disebut mata pelajaran asesmen nasional. Yaitu:

  1. Literasi
  2. Survei Karakter
  3. Numerasi
  4. Survei Lingkungan Belajar

Dalam satu hari AN, siswa akan mengerjakan soal dari dua mata pelajaran yang terdiri dari sejumlah sub-bab dengan diberi jeda pada setiap penyelesaian sub. AN juga dibatasi waktu dalam mengerjakan. Sehingga dapat terjadi lembar kerja yang tampil pada browser mengalami tutup (berakhir) otomatis karena waktu telah habis.

AN melibatkan lima elemen yang terlibat dalam keberlangsungannya yakni:
  1. Siswa sebagai peserta
  2. Kepala Sekolah/Madrasah sebagai penanggung jawab
  3. Guru sekolah lain sebagai pengawas 
  4. Proktor sebagai operator dalam menerbitkan token dan reset login peserta serta pengawal kehadiran seluruh elemen dalam daftar hadir dan berita acara pelaksanaan. 
  5. Teknisi sebagai pengawal kelancaran alat/perangkat penunjang selama AN

Beberapa tahapan perlu dilalui sebagaimana jadwal yang telah diterbitkan oleh Pusmendik pada laman webnya (klik disini) sebagai berikut :

  1. Sinkronisasi Simulasi AN SMA, SMK, SMP Sederajat
  2. Simulasi AN SMA, SMK, SMP Sederajat
  3. Sinkronisasi Gladi Bersih AN SMA, SMK, SMP Sederajat
  4. Gladi Bersih AN SMA, SMK sederajat
  5. Sinkronisasi Pelaksanaan AN SMA, SMK sederajat
  6. Pelaksanaan AN SMA, SMK sederajat

Semoga dapat berjalan dengan lancar di semua tempat serta menghasilakn Rapor Pendidikan yang bermanfaat sebagai rujukan menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas, efektif, efisien dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.


-[]-




1 komentar:

  1. Semoga memeroleh hasil yang baik buat ananda siswa shiddiqah zahra

    BalasHapus